Searching...
Select a Page
Sunday

cute_ghost_by_missfrazzle-d5ijltc_thumb[1]

 

                                         Ghazi Azhari S – Alumni Rohis SMP 2 Bandung -
 

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.

Langsung aja nih, sahabat. Sahabat pasti sering banget denger tuh yang namanya hantu, jurig, kunti, pocong, genderewo, kolor ijo, kolor ungu, ampe kolor pink bunga-bunga. Wah, apaan tuh? Tak tinggal lagi hantu-hantu yang terkenal tinggal dan jadi kuncen tempat-tempat seperti , Nyi roro Kidul, Hantu jeruk Purut, Nancy SMA 5, Hantu Casablanca, Si manis jembatan Ancol, ampe si manis jembatan pasopati (Hehe..). Banyak diantara kita yang menanggapi hal-hal kaya beginian nih cuman dengan menduga-duga. Tanpa kebenaran dan suatu bukti yang nyata. Contohnya bahwa hantu itu bakal ganggu kita kalo kita juga ganggu, itu hantu bakal datengin kita kalo kita melakukan sebuah hal ini dan itu. Atau pun hal-hal yang kita anggap sebagai UPJ (Upaya Preventif Jurig) Kayak, tuh jurig supaya gak muncul jangan pake baju ijo, tuh jurig harus dikasih sesajen pisang 4 sikat supaya kagak muncul lagi, tuh jurig harus dikasih es campur baru bisa diem, sampe jurig-jurig tersebut kita hubung-hubungkan dengan sebuah hal yang kyknya gak nyambung banget, kayak harus nenggelamin kepala kerbau biar nelayan panennya gede. Padahal kan ikan gak suka makan kepala kerbau –kecuali ikan piranha. Lantas gimana sih pandangan sebenernya makhluk-makhluk kayak jurig yang katanya banyak orang-orang liat? Apakah jurig-jurig itu emang hobinya ngaheureuyan orang supaya takut? Ataukah jurig itu ngeceng orang-orang yang “dijailin” tersebut sebagai upaya PDKT? (Apeu sih ghaz..). Lantas apa tujuan itu jurig-jurig melakukan hal-hal yang demikian? Yuk kita bahas.!

“Jin itu ada 3 jenis: jenis yang memiliki sayap & terbang di udara, jenis ular, dan jenis yang berpindah-pindah” (HR Baihaqi, Al Hakim, Thabrani dalam buku Shahihul Jam’i 3:85) Nah, sahabat, sebenernya yang disebut-sebut sebagai hantu, jurig, pocong, dll. Itu adalah golongan dari Syaithan, dan Syaithan itu golongan dari Jin. Kalo diliat dari Hadist diatas, Jin itu biasanya nyamar jadi burung, jadi ular, dan jadi bentuk yang pindah-pindah mungkin kayak jurig-jurig yang udah kita sebut di atas tadi. Tapi inget! Jurig-jurig diatas tadi bukanlah tampak jin yang sebenarnya. Jin yang sebenarnya nggak seganteng itu Bray. Yah ama Fir’aun sekarang beda-beda dikit lah mungkin. Jin itu bisa nyamar jadi apapun kecuali Rasulullah SAW. dan yang bisa liat tampang jin yang sebenarnya hanya Rasul yang terpilih.

“Dia Mengetahui yang gaib, tetapi Dia tidak memperlihatkan kepada siapa pun tentang yang gaib itu. Kecuali kepada rasul yang Diridai-Nya, maka sesungguhnya Dia Mengadakan penjaga-penjaga (malaikat) di depan dan di belakangnya.” (Al-Jinn : 26-27)

Nah, pertanyaan berikutnya, berarti emang ada penampakan-penampakan seperti itu? Trus kenapa di Australi, di China, di Zimbabwe (Punten tor), di Amerika, Jepang, gak ada tuh yang namanya Pocong, Kunti, Sundel Bolong, Hantu jeruk Purut, Si manis jembatan Ancol (yaiyalah, di Amrik mah yang ada si Manis Jembatan San Francisco) dll?

Jawaban pertanyaannya adalah, penampakkan seperti itu ada, tapi dengan bertujuan (tujuannya ini kita bahas dibelakang) mungkin kalo masalah hantu-hantu kayak pocong cs Cuma ada di Indonesia karena jin-jin sekarang udah pada pinter, mereka ngeliat dulu media massa, kayak TV dll, manusia-manusia sekarang lagi musimnya takut ama apa nih? Pas kebeneran keluarnya film pocong, jin-jin berlatih untuk menyamar jadi pocong, yah walau gak mirip-mirip amat tapi lumayan menakutkan lah. Pas ada film babi ngepet, jin-jin pada nyobain jadi babi, atau pas ada film kuntilanak mungkin yang sebenernya buat film itu laku adalah para jin-jin yang lagi latihan nyamar jadi kunti yang Menuhin Bioskop twenty one. Segitu giatnya tuh para jin buat nakutin kita.

Lantas apa tujuannya jin-jin itu menggoda? Apa maksud tuh jin coba-coba menggeol iman kita? Kita bahas sekarang.

Lantas apa tujuannya jin-jin itu menggoda? Apa maksud tuh jin coba-coba menggeol iman kita? Kita bahas sekarang.

Sahabat, ISO (International Syaithan Organization) ternyata menetapkan ada 6 tingkatan tujuan Syaithan-Syaithan mengganggu kita. Kita urutkan dari yang paling awal ampe akhir nih.

• Syaithan mengganggu kita supaya kita bisa masuk ke dalam golongan Musyrik. (Percaya ada kekuatan lain selain kekuatan Allah)
• Syaithan goda kita supaya kita melakukan Bid’ah (Sesuatu dalam ibadah yang dilebih-lebihkan, contoh: kalo ada yang mati kita setelah solatin dan kuburin harus nyimpen telur ayam yang atasnya dikasih lilin berbentuk angka yang mewakili umur kematian tuh orang dan disimpen atas
nama Allah)
• Syaithan menggoda kita untuk melakukan dosa-dosa besar kayak ngebunuh, fitnah, ngomongin orang dari belakang, dll.
• Syaithan ngeganggu kita supaya melakukan dosa-dosa kecil, kayak shalat ditelat-telatin, ngomong-ngomong kotor, buang-buang waktu dll.
• Supaya kita Melakukan hal yang sia-sia.
• Terakhir kalo tuh Syaithan gak bisa ganggu kita lagi, syithan tersebut menggoda kita supaya kita melakukan hal yang kurang utama daripada yang lebih utama.
Rangkuman : Syaikh Ibnul Qayyim Al-Jauzi

Nah, dari 6 tingkatan tersebut kita dapet liat, kalo Syaithan tuh ngegoda kita dengan matok tujuan yang tinggi-tinggi dulu (aneh yah). Pertama supaya kita bisa jadi Musyrik. Kalo kita digoda segimanapun supaya musyrik tetep ga bisa, Syaithan turun ke tujuan kedua, godain kita supaya kita melakukan hal-hal bid’ah. Kalo masih gak bisa, turun lagi tujuannya supaya kita bisa jadi orang yang melakukan dosa-dosa besar dan seterusnya.

(wah asyik nih, dikasih contekkan gimana cara syaithan-syaithan godain kita, semoga dengan contekkan ini kita jadi bisa lebih jago untuk mengerti strategi syaithan pas godain kita, hhe aamiin..)

Lantas, tujuan syaithan-syaithan godain kita itu apa? Emang ada hubungannya dengan tujuan-tujuan tersebut? Ternyata ada, sahabat! Syaithan menggoda kita supaya kita bisa jadi orang-orang yang Musyrik. Orang yang masih agak ragu-ragu tuh ama yang namanye kekuatan Allah. Ya kalo gak ragu ampe ngeduain kekuatan Allah lah, kayak masih harus make jimat-jimat apalah untuk tolak bala, atau masih percaya kalo nempelin tulisan bismillah di kaca spion motor dijamin kagak akan kecelakaan, sebenernya kita berlindung dari kecelakaan pada tulisan itu atau pada Allahnya sih? Kalo emang bener berlindung ke Allah cukup dengan berdoa, da Allah kagak akan lupa do’a yang kita panjatkan, mungkin karena kita takut Allah lupa jadi kita sediain tulisan supaya Allah inget terus apa yang kita minta, (Lu kate Allah kita suruh belanja ke supermarket pake tulisan segala)

Apa buktinya dengan menampakkan diri syaithan bertujuan supaya kita musyrik? Buktinya adalah yang udah diceritain di awal tadi. Penampakkan-penampakkan seperti ini yang membuat orang-orang jadi percaya kalo harus lempar kepala kebo ke laut supaya setannya gak makanin ikan dilaut. Harus bikin sesajen sebulan-sekali buat Nyi Roro Kidul. Sukses besar nih bagi syaithan-syaithan, terharu tuh syaithan-syaithan ngeliat kita melakukan hal yang beginian. Ngerasa sukses dia.

Jadi kesimpulannya, paguyuban Syaithan ganggu kita, khususnya dengan cara menampakkan diri, supaya kita jadi golongan orang yang Musyrik dan melakukan dosa-dosa besar. da kalo tujuan setannya udah sampe supaya kita melakukan hal yang sia-sia mah gak usah tuh setan nampakin diri. Cukup dengan ngebisikin.

Syaithan itu lemah, kerjanya cuman ngebisikin. Cuman
kita lebih lemah, karena kita sering ngikut syaithan yang cuman
ngebisikin.

Makanya, jadi orang yang kuat. Kuat imannya juga. Kan udah dikasih tau, gimana para syaithan-syaithan ngegoda kita, masa udah dikasih tau bocorannya kita masih tetep aja sama kayak yang dulu, nurut ajakan syaithan. Kita buat jenuh para syaithan, supaya pusing untuk ngeganggu kita ampe tingkatan yang terendah. Gimana cara buat jenuh para syaithan tersebut? Ya dengan cara, jauhi tuh yang namanye kemusyrikan, kebid’ahan, dosa-dosa besar, dosa-dosa kecil, amalan yang sia-sia, ama prioritasin tuh amalan yang utama! Dijamin, syaithan bingung, apa lagi yang harus dia goda dari kita.

Wah jangan sampe kita dipecundangi setan kayak gituh. Kalo masih kayak gituh, asah lagi kekuatan iman kita. Perteguh lagi lini pertahanan hati kita. Janjikan diri untuk memerangi syaithan sampai mati. Jangan mau kalah ama Syaithan yang lemah! Semangat! Ouh iya, ada ilmu tambahan nih. Mungkin sahabat pernah nyimpen unek2 ini.

So, penampakkan hanya kita tanggapi dengan yang namanya kekuatan iman. Jangan sampe kita terlalu lemah imannya. Karena bisa jadi, kita Cuma liat pohon tinggi aja kita udah nyangka itu tuyul jangkung, si syaithan pun berkata “Yah,, tuh anak.. hoki bener gue, belum gue nampakin diri, tuh anak udah ngabelecir (berlari). Lumayan gaji buta lah, tanpa kerja dapet hasil.”

Kenapa sih, kadang-kadang paranormal, dukun atau ahli sihir itu bener?? Nah, pertanyaan ini juga pernah ditanyakan oleh sahabat yang suatu hari dating ke Rasulullah SAW, dan beliau menjawab dalam hadistnya yang diriwayatkan ama Aisyah ra. Kurang lebih “Rasulullah SAW berkata : mereka itu tidak benar, sahabat bertanya kembali : tapi terkadang apa yang paranormal katakana itu memang terjadi, bagaimana dengan itu? Rasulullah SAW kembali menjawab : Ucapan benar datang dari langit lalu terdengar oleh jin. Lalu dibisikkan oleh Jin ke telinga para tukang ramal.” (HR Muslim)

Ghazi Azhari

 

 

Ingin tulisanmu muncul di blog.itsar.info? Kirim aja ke mimin yah! di itsarmail@gmail.com dengan subject "naskah". Tulisanmu akan kami review. Abis itu kami balas jadi atau enggaknya lewat email beserta alasannya. Intinya selama itu bernafas Islam, bermanfaat buat remaja, akan kami tampilkan insya Allah! Jangan lupa sertakan foto keren kamu ya! :)

0 komentar:

Post a Comment

« »
Get widget